Rabu, 31 Oktober 2018

Antikris_stte_25


BAB I
PENDAHULUAN
Yesus pernah mempreringatkan bahwa masa di mana Antikkris akan berkiprah sudah dekat, meskipun kita  belum mengetahui waktunya  secara pasti. Dalam percakapanNya denGan murid muridNya mengenai hari hari di masa aniaya dalam Matius 24 dan Markus 13, Yesus menubuatkan akan adanya suatu masa di mana mesias mesias palsu, berita berita peperangan, kesedihan, penghianatan, penyesatan, ketidakadilan, penganiayaan dan bencana alam akan menyapu dana akan menerjangseluruh dunia. Keadaan dan akhir situasi akhir zaman akan sedemikian buruknya.
Salah satu tanda akhir jaman adalah Antiktikristus, dengan kehadirannya maka masa-masa kesulitan itu akan datang.  Antikristus digambarkan sebagai orang yang keji, kurang ajar, mementingkan diri sendiri, berbuat sesukahatinya, dia menganggap dirinyalah yang paling hebat, ia akan menghujat Allah Dia  berusaha supaya ia disembah sebagai ganti Allah, dia menjadi penghujat nomor satu didunia dan ia akan jaya dalam kejahatannya sampai Allah membinasakan dia.[1]
A.    Latar Belakang Masalah
Salah satu akibat manusia jatuh dalam dosa adalah kejahatan. Kejahatan-kejahatan itu terjadi akibat pekerjaan iblis yang selalu menghasut manusia untuk berbuat dosa. Iblis adalah pribadi yang sangat licik, cerdik, penuh kuasa dan tipu daya yang jahat.  Munculnya antikristus adalah salah satu tanda akhir jaman.[2]
Antikris akan datang meniru kejayaan Kristus dengan mendirikan satu kesatuan pemerintah dunia, ekonomi, dan agama yang akan dipegangnya sendiri sebagai bentukpenghujatan kepada Allah. Ia akan menyatakan bahwa orang dapat memenuhi kebutuhan jasmaniah dan rohaniah tanpa Kristus. Orang hanya cukup menyembah Antikris semata-mata dan tidak memerlukan Kristus. Ia adalah seorang kepala negara dunia. Semua pemerintah bangsa-bangsa akan tunduk kepadanya.[3]
B.     Rumusan Masalah
Dalam karya tulis ini peulis akan menguraikan beberapa rumusan masalah yang akan dibahas pada bab II
1.      Apa defenisi Antikris?
2.      Apa lambang dari Antikris?
3.      Apa kekuasaan dari Antkris?

C.    Tujuan dan Maksud Penulisan
Penulis akan menguraikan tujuan dari penulisan karya tulis ini
1.      Memberikan defenisi dari Antikris
2.      Memberikan pemahaman tentang lambang dari Antikris
3.      Memberikan pemahaman tentang kekuasaan dari Antikris










BAB II
PEMBAHASAN
A.    Defenisi Antikris
Kata Yunani asli untuk kata "antikristus" dapat mempunyai dua arti. Kata itu dapat berarti "menentang Kristus", dalam arti seseorang atau suatu kekuasaan yang menentang pekerjaan Kristus. Atau kata itu dapat berarti "pengganti Kristus", menyatakan seseorang atau suatu kekuasaan yang "mengambil tempat Kristus", atau seorang "Kristus palsu". Pada saat Anti Kristus datang ia akan mengklaim bahwa ia adalah sang Mesias dan bahwa ini adalah kedatanganNya (dari Mesias) yang kedua. Ia akan menentang Kristus sementara bertindak sebagai / seperti Kristus.[4]
Antikris adalah seorang pria yang akan menandai kiprahnya dipanggung sejarah dunia dengan pesona dan karismanya yang mampu menghipnotis banyak orang. Ia diperkirakan akan datang dari salah satu neara Uni Eropa atau dari sebuah negara atau pun negara persekutuan yan dulunya merupakan daerah jajahan Kekaisaran Romawi, yang daerahnya terentang dari Irlandia sampai ke Mesir serta mencakup Turki, Iran, dan Irak.[5]
B.     Kekuasaan Antikris
Kerinduan akan satu sistem ekonomi, sati sistem pemerintahan dunia dan satu sistem agama telah diilhamkan Iblis melaluiNimrod raja pertama di bumi ini. Di akhir zaman, konsep lama dari Nimrod in yang justru akan diterapkan oleh Antikris. Wahyu pasal 13 ayat 7-8, 17 menubuatkan bahwa pada akhir zaman nanti akan ada satu sistem perekonomian, satu sistem pemerintahan dunia dan satu sistem agama di bawah pemerintahan Antikris.
1.      Sistem ekonomi dunia
Sistem ekonomi yang diterapkan oleh Antikris adalah sebuah masyarakat tanpa uang tunai, dimana setiap transaksi keuangan yang dilakukan siapa pun juga dapat dimonitor secara elektronis. Rasul Yohanes penulis kitab Wahyu menggambarkan situasi tersebut “Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya, dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.” Wahtu 13:16-17.
Antikris akan berpura-pura menggunakan sistem masyarakt tanpa uang tunai ini sebagai cara untuk mengndalikan pengedar obat-obat bius kelas kakap, para pencuri pajak dan semacamnya. Sistem ini dipromosikan sebagai sistem yang gampang untuk menghindari pencurian, atau sebagai suatu kenyaman bagi orang-orang yang hendak berbelanja di pasar swalayan, karena mereka tidak perlu membawa dompet mereka lagi. Pada masa itu, orang-orang membiarkan kode-kode yang ada pada tangan dan dahinya dibaca oleh suatu peralatan elektronik yang akan menginformasikan saldo uang tunai yang tersimpan di banknya, menyesuaikan pemotongan pembelian terhadap tabungannya, dan memberikan laporan saldo keuangan mereka.
2.      Satu pemerintahan dunia
Belum pernah terjadi di sepanjang sejarah dunia bahwa satu pemerintahan dapat menguasai seluruh dunia, tetapi si pembawa damai gadungan ini akan menelan seluruh bumi (Daniel 7:23). Ia akan memerintah atas mereka dengan menerapkan kebijaksaan dan kekuasaannnya yang total akan mutlak. Kepribadiannya akan dapat dikenali dari kecerdasannya yang luar biasa, kemampuannya meyakinkan orang, kehalusannya, dan keterampilannya. Dari mulut akan keluar kata-kata yang sombong (Daniel 7:8) dan ia disebut bapa segala pendusta (Daniel 8:23) dan ia akan menjadi seorang figur yang paling terkemuka, paling berkuasa, dan paling populer pada masa itu.
3.      Pengahancuran iman penginjilan
Di bwah bayang-bayang kebesarannya sebagai seorang pembawa perdamaian yang sangat populer, sifat iblis yang akan menjelma di dalam figur Antikris menjadi semakin nyata. Ia akan membenci semua hal yang berhubungan dengan Allah, dan ia menikmati saat-saat ia menyesatkan banyak orang dari kehendak Tuhan. Ia akan menghujat Allah baik secara umum maupun secara pribadi, ia akan menganiaya orang-orang Kristen dan orang-orang Yahudi. Ia akan menolak semua hukum yang telah lama berlaku, khususnya hukum-hukum yang mendasarkan diri atas nilai-nilai kekristenan atau keyahudian. Kemudian ia akan mendirikan sistemnya yang durhaka itu “Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum...) Daniel 7:25.
Dengan demikian yang menjadi sasaran dan tujuan utama dari Antikris ini adalah untuk membuang peranan Allah di dalam diri orang yang percaya. Maka setiap umat yang percaya kepada Tuhan dan  kepada firman Allah itu berarti mempunyai pemerintahan rohani di dalam dirinya dan tidak akan di ganggu oleh penguasa Antikris.
C.    Lambang Antikris
Tanda-tanda yang mendahului kedatangan Antikris ialah[6]:
1.      Keadaan jemaat pada sekarang bukanlah jemaat yang menampakkan kesempurnaan, kebaikan, melainkan terdiri dari campuran antara kejahatan dan kebaikan, seperti yangmdisebut dalamperumpaan Tuhan Yesus tentang benih lalang yang tumbuh di antara gandum itu. Unsur yang jahat itu makin bertumbuh dan bertambah sebagai tanda menyambut kedatangan antikris, yang kelak melakukan kejahatan yang makin hebat kepada umat manusia di dunia ini.
2.      Kembaliya orang israel ke tanah air mereka dari negara-negara di seluruh dunia, merupakan suatu tanda permulaan timbulnya antikris. Ia kan menyesatkan dan menganiaya benga itu dengan tidak memperdulikan lagi janji indah yang sudah diberiakan Tuhan kepada mereka.
Antikris kepala pemerintahan dunia itu akan menginstruksikan penandaan bagi orang-orang yang tertinggal. Semua diwajibkan diberi biochip  untuk dipakai ditangan kanan atau di dahi. Ia akan melakukan hal ini oleh karena ia menginginkan semua orangharus menyembah dia. Ia dapat melakukan instruksi ini oleh kerena mengepalai satu sistem pemerintah dunia global, dunia yang menguasai setiap suku dan umat bangsa dan bangsa.
Setelah masa pengangkatan orang-orang yang takut akan Allah, maka bintang yang lain yang keluar dari dalam bumi (nabi palsu) akan mendirikan patung bagi binatang yang pertama tadi. Kemudian kepada setiap orang diberikan tanda atau lambang 666 pada tangan kanan atau pada dahinya, dan tidak akan ada transaksi ekonomi tanpa ada ada tanda itu. Orang-orang Kristen yang tertinggal akan diperhadapkan pada dua pilihan menerima tanda Antikris 666 ditangan atau di dahi, atau menolak yang berarti harus mengenaskan. Orang kristen yang menolak randa itu akan mengalami penyiksaan dan berbagi kesulitan, bahkan akan berakhir dengan kematian yang tragis. Pendek kata, Trinitas iblis itu menciptakan juga  satu siste pemerintahan, perekonomian dan agama global yang hanya bergantung kepada mereka (Wahyu 13:16-17)[7]
Angka 666 dapat disebut sebagai lambang antikristus karena angka 666 berkaitan dengan akhir jaman yang terdapat dalam kitab wahyu 13: 16-18. Dari penjelasan ayat tersebut dapat terlihat bahwa deret angka/bilangan 666 itu merupakan suatu “tanda”  yang akan diberikan kepada semua orang  kecil, besar, kaya atau miskin , kepada orang merdeka atau hamba, menjadi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya. Tanpa tanda itu tidak seorang pun dapat membeli atau menjual. Bilangan itu adalah nama binatang dan dalam ayat 18 bilangan itu adalah bilangan seorang manusia yaitu 666.[8]
D.    Dampak Antikris
1.      Terhadap Teologi
Teologi adalah rumusan pengajaran yang sistematis tentang Allah dan Karya-Nya. Antikristus memberikan dampak dalam teologi, yaitu melakukan penyesatan doktrinal dan penolakan terhadap finalitas Yesus Kristus.
a.       Penyesatan Doktrinal

            Antikris memberikan pengaruh tidak serta merta membuang doktrin gereja tetapi memanipulasi doktrin gereja. Hal tersebut ditegaskan oleh Stephen Tong: ”Suara setan adalah suara yang mengacaukan pengertian akan kebenaran”.[9] Dalam sejarah gereja salah satu penentangan terhadap finalitas Yesus sebagai Kristus hadir dalam kelompokgan pluralisme.  Salah satu tokoh pluralisme Paul F. Knitter menyatakan bahwa: ”Umat Kristen bisa terus menegaskan dan memberitakan kepada dunia tentang Yesus sebagai benar-benar ilahi dan juruselamat, namun mereka tidak perlu bersikeras bahwa dia satu-satunya ilahi dan juruselamat.”[10]Jadi spirit antikristus menyesatkan pemahaman doktrinal iman Kristen.




b.      Penolakan Terhadap Finalitas Yesus Kristus

              Penolakan terhadap finalitas Yesus Kristus, yaitu menolak pribadi Yesus Kristus seratus persen Allah dan seratus persen manusia serta menolak Yesus Kristus satu-satunya juruselamat. Spirit antikristus membuat orang menyatakan bahwa Allah tidak berinkarnasi.[11]
2.      Terhadap Etika Moral Orang Percaya

              Etika moral orang percaya didasarkan pada etika Yesus Kristus. Spirit antikristus memberikan pengaruh moral dalam pribadi dan persekutuan orang percaya masa kini. Secara prinsip etika moral orang percaya mengarah prinsip hedonisme dan berpusat pada hal-hal duniawi.
a.       Gaya Hidup Hedonisme
             
            Hedonisme adalah aliran etika yang mempertahankan bahwa tujuan segala tindak-tanduk manusia adalah kesenangan.[12] Kesenangan yang dimaksud adalah kesenangan yang berkaitan dengan kepuasan hidup melalui: materi (harta), jabatan (kedudukan), pemuasan keinginan duniawi, dan pemenuhan kebutuhan psikologis. Di samping kesenangan sebagai tujuan hidup, kesenangan juga harus diraih, dicapai dan dinikmati sekarang ini. Untuk itu, semua penghalang kesenangan manusia harus disingkirkan termasuk moral, etika bahkan agama sekalipun. Kalau moral dan etika masih diperlukan, maka moral dan etika tersebut harus tanpa Allah.[13]


b.      Berpusat Pada Hal-Hal Duniawi
            Dalam 1 Yohanes 4: 5 menyatakan bahwa Antikristus berbicara mengenai hal-hal duniawi. Dalam 1 Yohanes 2: 16 menyatakan bahwa keinginan daging, keinginan mata, dan keangkuhan hidup merupakan hal-hal yang berpusat pada dunia. Iblis merupakan penguasa dunia yang memberikan kekuatan kepada para guru palsu dan nabi palsu (Yoh. 12: 31). Dunia merupakan sumber pemberitaan para penyesat.[14] Pada masa kini banyak produk dan seminar yang berpusat pada manusia. Salah satu pesan umum yang terdapat dalam banyak produk atau seminar  adalah ”percaya pada diri sendiri” namun menyingkirkan peran Allah.[75]












BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
Antikristus adalah oknum penentang kristus maksudnya seseorang yang secara halus mencoba mengambil tempat kristus dari dalam gereja dan dari persekutuan Kristen. Dapat dikatakan bahwa antikristus adalah musuh Kristus dan seorang yang memalsukan kuasa dan nama Kristus. Dan pada akhirnya Antikris ini mempunyai kekuasaan tersendiri yaitu memberikan sistem ekonomi baru di dunia ini dengan cara transaksi non tunai, setiap orang yang melakukan pembelian maka tidak ada tansaksi.
Kedatangan antikris mengakibatkan orang yang percaya kepada Yesus meninggalkan imannya dan akan lebih fokus pada ajaran dari Antikris, dan membuat orang percaya hidup dalam gaya hidup tersendiri dan fokus pada hal hal duniawi, menentang ajaran Kekristenan dan hidup dalam kedagingan.











DAFTAR PUSTAKA

C. Ryrie Charles
1981                Waktuya Sudah Dekat, Bandung: Kalam Hidup

Dr. Jaffray R. A.
1967                Kristus Akan Datang Untuk Yang Kedua Kalinya, Bandung: Kalam Hidup

VictorL Harold M. Sc
2016                Teologi Dan Teknologi Moder, (Malang : Gandum Mas,

Hagee John
2001                Permulaan Akhir Zaman, Jakarta:Yayasan pekabaran Injil Imanuel

Pdt. Dr. Rattu Jopie
2013                benarkah chip sebagai penggenapan 666?, Bandung: Kalam Hidup

Stephen Tong
2011                Roh Kudus, Suara Hati Nurani dan Setan, Surabaya: Momentum

Knitter Paul F.
2003                Satu Bumi Banyak Agama, Jakarta: PT BPK Gunung           Mulia

Napel Henk ten
2010                Kamus Teologi, Jakarta: BPK Gunung Mulia

Charles F. Pfeiffer - Everett F. Harrison
2010                The Wycliffe Bible Commentary, Malang: Gandum Mas








[1] Charles C. Ryrie, waktuya sudah dekat, (bandung: kalam hidup., 1981), hl. 94
[2] Dr. R. A. Jaffray, Kristus Akan Datang Untuk Yang Kedua Kalinya (Bandung: kalam Hidup, 1967), hl. 78
[3] Harold VictorL., M. Sc, Teologi dan Teknologi Moder, (Malang : gandum Mas, 2016), hal...114
[4]  http://teologikristen.blogspot.com/2008/06/anti-kristus.html
[5] John HaGee, Permulaan Akhir Zaman, (Jakarta:Yayasan pekabaran Injil Imanuel, 2001), hal...182.
[6] Dr. R. A. Jaffray, Kristus Akan Datang Untuk Yang Kedua Kalinya...hal...79
[7] Harold VictorL., M. Sc, Teologi dan Teknologi Moder...hal..116
[8] Pdt. Dr. Jopie Rattu, benarkah chip sebagai penggenapan 666?, (bandung: kalam hidup, 2013), hl. 3-4
[9]  Stephen Tong, Roh Kudus, Suara Hati Nurani dan Setan, (Surabaya: Momentum, 2011), hal...107
[10] Paul F. Knitter, Satu Bumi Banyak Agama, (Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 2003), hal..51
[11] Henk ten Napel, Kamus Teologi, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010), 172
[12] Henk ten Napel, Kamus Teologihal..158
[13] https://madenopensupriadi.blogspot.com/2016/04/anti-kristus.html
[14] Charles F. Pfeiffer dan Everett F. Harrison, The Wycliffe Bible Commentary, (Malang: Gandum Mas, 2010), 1056

Tidak ada komentar:

Posting Komentar